EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MEDIA VNC VIEWER UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PRESENTASI VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA
Abstrak: Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran materi presentasi video
pada aspek kognitif, perbedaan hasil kompetensi presentasi video yang ditinjau
dari aspek kognitif, aspek psikomotor, dan aspek afektif antara kelas yang
menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan metode pembelajaran konvensional.
Penelitian ini meggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan design
Non-Equipvalent Control Group Design. Subyek penelitian ini yaitu siswa SMK
Negeri 3 Yogyakarta sejumlah 63 orang dari kelas X TL 1 dan kelas X TL 2. Kelas
X TL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik
pengambilan data menggunakan tes, observasi dan LKS. Teknik analisis data yaitu
analisis deskriptif, uji-t, dan uji-u. Hasil penelitian diketahui bahwa bahwa
kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan media VNC Viewer lebih
efektif jika dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode konvensional,
terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek kognitif antara kelas yang
menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan media VNC Viewer dengan metode pembelajaran
konvensional, terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek psikomotor antara
kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan metode pembelajaran
konvensional, dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek afektif
antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan media VNC Viewer
dengan metode pembelajaran konvensional.
Penulis: Andina Wahyu Winjani
Kode Jurnal: jptlisetrodd160617