Pengembangan Media Animasi Interaktif 3(Tiga) Dimensi sebagai Alat Bantu Ajar Mata Pelajaran IPA Kelas VII menggunakan Blender Game Engine
Abstract: Penggunaan Alat peraga sering digunakan pada pelajaran
IPA, terutama pada materi kerangka manusia ataupun rangka gerak. Alat peraga
tentu memiliki batas waktu, hingga menjadi rusak namun penggunaan alat peraga
tidak setiap hari digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Karena
permasalahan tersebut dikembangkan media animasi 3 dimensi kerangka manusia
untuk mata pelajaran IPA kelas VII menggunakan Blender Game Engine yang layak
digunakan. Metode pengembangan software yang digunakan adalah metode siklus
kehidupan klasik atau bisa disebut juga waterfall. Prosedur penelitian yaitu
analisis, desain, pengkodean, dan tes. Tes dilakukan beberapa tahap, tes
blackbox, tes validasi dosen MIPA UNNES dan guru SMP N 7 Semarang, dan respons
siswa. Kesimpulannya yaitu: (1) Blender game engine dapat digunakan untuk membuat
media pembelajaran dengan animasi 3D, (2) Hasil uji dua validasi yang dilakukan
mendapatkan kategori sangat baik, (3) Respon siswa yang didapat juga sangat
baik,(4) pembuatan media pembelajaran animasi 3D kerangka manusia yang
menggunakan Blender game engine sangat layak digunakan. Saran yang dapat
diberikan untuk pengembangan ini selanjutnya yaitu : (1) media pembelajaran
animasi 3D kerangka manusia menggunakan Blender game engine perlu ditambah
animasi pada tombol, (2) media pembelajaran animasi 3D kerangkamanusia
menggunakan Blender game engine perlu ditambahkan Q & A, (3) tambahkan
animasi sendi pelana pada kerangka, (4) jika ingin digunakan langsung oleh
siswa perlu ditambahkan materi yang lebih lengkap dan mendalam, (5) perbaiki
animasi yang menampilkan nama-nama tulang.
Penulis: Usman Channy Affandi,
Hari Wibawanto
Kode Jurnal: jptlisetrodd150878