PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI FLIP FLOP MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMKN 2 SURABAYA
Abstract: Penelitian ini
bertujuan menghasilkan media pembelajaran multimedia interaktif materi flip
flop yang layak digunakan di SMKN 2 Surabaya pada mata pelajaran teknik
elektronika dasar. Kelayakan media pembelajaran ditinjau dari validitas,
kepraktisan, dan efektivitasnya.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development
(R&D) dengan 7 langkah, yaitu (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan
Data, (3) Desain Media, (4) Validasi Media, (5) Revisi Media, (6) Uji Coba
Media, dan (7) Analisis dan Pelaporan. Pada langkah uji coba media digunakan
metode penelitian pre-experiment design tipe One-Shot Case Study.
Berdasarkan hasil validasi, media pembelajaran dikategorikan sangat baik
dengan persentase validitas sebesar 89,84%. Berdasarkan hasil dari angket
respon siswa, media pembelajaran dikategorikan baik dengan persentase
kepraktisan sebesar 80,23%. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar kelas X TAV 4
SMKN 2 Surabaya, media pembelajaran dinyatakan efektif dengan jumlah siswa yang
tuntas sebanyak 26 siswa dan 7 siswa tidak tuntas dan kelas X TAV 4 dinyatakan
tuntas secara klasikal dengan persentase sebesar 78,79%. Dengan demikian, media
pembelajaran multimedia interaktif materi flip flop yang dikembangkan
menggunakan Lectora Inspire dinyatakan layak digunakan di SMKN 2 Surabaya pada
mata pelajaran teknik elektronika dasar.
Penulis: SULTHONI ZAFRULLAH,
Bambang Suprianto
Kode Jurnal: jptlisetrodd160500