PERBEDAAN PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING COMMUNITY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

ABSTRACT: Pada program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan khususnya kelas X SMKN 8 Malang terdapat mata pelajaran dasar-dasar elektronika yang kompetensinya harus dipenuhi. Tetapi pada kenyataannya partisipasi sebagai tolak ukur prestasi belajar afektif dan hasil ujian sebagai tolak ukur prestasi belajar kognitif para siswa dalam pembelajaran kurang karena pemikiran awal siswa yang kurang benar yang menganggap hanya akan belajar seputar perangkat lunak saja (software). Ditambah lagi dengan kurang aktif dan efektifnya kelompok belajar yang ada karena susunan kelompok yang cenderung homogen yang membuat penerapan materi yang tidak maksimal walaupun sebelumnya telah diterapkan pembelajaran berkelompok oleh guru. Berdasarkan karaktristik dan permasalahan tersebut dirancanglah pembelajaran berkelompok yang aktif dengan cara menerapan metode kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa pembelajaran Teams Game Tounament (TGT) dengan siswa pembelajaran Learning Community pada mata pelajaran Dasar-dasar Elektronika program keahlian TKJ SMKN 8 Malang. Rancangan  penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experimental) dengan design nonequivalent control group. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga terbentuklah sampel kelas X TKJ D sebagai kelas kontrol (pembelajaran Learning Community) dan kelas X TKJ C sebagai kelas eksperimen (pembelajaran TGT). Pengumpulan data dengan tes tulis berbentuk tes objektif sebagai prestasi belajar kognitif siswa dan lembar observasi yang didalamnya terdapat rubrik afektif sebagai pengukur prestasi belajar afektif siswa. Pengujian hipotesis digunakan analisis uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan yang signifikan dari prestasi belajar kognitif siswa pembelajaran TGT dengan siswa pembelajaran Learning Community yaitu dengan nilai sig. 0,016 < 0,05 dan thitung(2,502 )>  ttabel(2,056);dan (2) terdapat perbedaan yang signifikan pula pada prestasi belajar afektif siswa pembelajaran TGT dengan siswa pembelajaran Learning Community yaitu dengan nilai sig. 0,034<0,05 dan thitung(2,173) >  ttabel(2,007). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran TGT dengan pembelajaran Learning Community terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa kelas X pada mata pelajaran Dasar-dasar Elektronika program kelahlian TKJ SMK N 8 Malang.
KEYWORDS: Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT); Pembelajaran Learning Community; dasar-dasar elektronika; prestasi belajar
Penulis:  Suwasono, Cahyaning Nur Karimah
Kode Jurnal: jptlisetrodd140878

Artikel Terkait :