Semantic Connection : Rancangan Platform Komunikasi pada Smart Object
Abstrak: Untuk memberikan
pengalaman bermain lebih mendalam, perlu disusun kerangka permainan yang memanfaatkan
media smart object sebagai media interaksi dengan skenario yang bervariasi.
Pada penelitian sebelumnya telah dibangun sebuah media permainan berupa smart
object. Smart object secara fisik terintegrasi dengan sensor, prosesor, dan
jaringan. Smart object mampu merasakan, menafsirkan apa yang terjadi dengan
dirinya dan lingkungan sekitar, bereaksi, berinteraksi dengan objek lainnya dan
bertukar informasi dengan pengguna. Media interaksi erat kaitannya dengan
platform komunikasi yang digunakan. Makalah ini menyajikan platform komunikasi
pada smart object yang telah dibangun. Platform komunikasi meliputi mekanisme
smart object dalam melayani interaksi dengan smart object lain dan komunikasi
dengan server. Smart object berfungsi sebagai perangkat masukan dan keluaran
universal berbasis sistem embedded yang ditanamkan sebuah protokol dalam
berkomunikasi. Sehingga banyak skenario permainan yang dapat diimplementasikan.
Komunikasi data antara smart object dan server dilakukan secara nirkabel dan
full duplex, antara jalur penerimaan dan pengiriman data terpisah dan bekerja
secara bersamaan. Pengiriman data point to multipoint mengadopsi topologi
bintang. Server terhubung langsung ke masing-masing smart object. Pengiriman
data antara sebuah smart object ke server menghasilkan tingkat kesalahan hingga
0.15%. Ketika ada tiga smart object yang
berkomunikasi dengan server maka tingkat kesalahan meningkat hingga 2.77%.
Penulis: Iwan Kurnianto Wibowo
Kode Jurnal: jptlisetrodd160707