Virtualisasi Fenomena Rotasi Bumi dan Perbedaan Zona Waktu menggunakan Unity 3D
Abstract: Kemajuan dari
perkembangan teknologi komputer grafis melahirkan sebuah media citra 3 dimensi.
Salah satu perangkat lunak yang mampu digunakan untuk mengolah media 3 dimensi
adalah Unity 3D. Kebebasan pengembangan perangkat lunak menggunakan Unity 3D
memungkinkan pengguna untuk menerapkan konsep kehidupan nyata ke dalam Unity
3D. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah rotasi bumi dan perbedaan
zona waktu karena fenomenanya tidak dapat dilihat secara langsung.Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui apakah Unity 3D mampu membuat
virtualisasi sesuai konsep. Metode yang digunakan dalam pengembangan perangkat
lunak adalah Waterfall dan untuk implementasinya menggunakan eksperimen. Hasil
yang diperoleh adalah Unity 3D mampu menghasilkan produk media 3 dimensi yang
sesuai atau valid dengan materi fisika rotasi bumi dan zona waktu yang telah
diujicobakan kepada guru SMP mata pelajaran Fisika.
Penulis: Denver Agpianka,
Anggraini Mulwinda
Kode Jurnal: jptlisetrodd150876