HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU HAMIL TM III TENTANG ANTENATAL CARE (ANC) DENGAN KETERATURAN IBU HAMIL UNTUK MEMERIKSAKAN KEHAMILAN


Abstract: Di Indonesia angka kematian ibu hamil pada tahun 2010 masih sangat tinggi, bahkan masih mencapai 228 / 100.000 kelahiran hidup. Jumlah Kematian Maternal di Provinsi Jawa Timur berdasarkan laporan dari Laporan Kematian Ibu (LKI) Kab./Kota pada tahun 2010 AKI tercatat sebanyak 101,4 per kelahiran hidup, dan 598 kasus kematian, bila dilihat dari masa kehamilan ibu maka dapat dirinci 152 kematian masa hamil, 163 waktu bersalin, dan283 pada masa nifas. Rendahnya pengetahuan ibu hamil tentang ANC berperan penting dalam mempengaruhi keteraturan ibu hamil dalam memeriksakan kehamilannya.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Populasinya adalah semua ibu hamil TM III di Desa Keboharan yaitu sebanyak 20 responden, diambil dengan teknik total sampling, sedangkan variabel independennya adalah pengetahuan ibu hamil TM III tentang ANC, dan variabel dependennya adalah keteraturan ibu hamil TM III untuk memeriksakan kehamilannya, diambil dengan instrumen metode soal tes dan ceklis dengan metode dokumentasi. Kemudian dilakukan editing, coding, scoring, dan ditabulasikan, diuji dengan menggunakan uji korelasi Koefisien Kontingensi.
Hasilnya tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III tentang ANC lebih dari setengahnya dikategorikan kurang yaitu sebesar 60%, sedangkan keteraturan ibu hamil dalam memeriksakan kehamilannya mencapai angka 60% diantaranya tidak teratur dalam melakukan pemeriksaan kehamilan. Uji korelasi anatara pengetahuan dengan keteraturan ANC hasilnya p = 0,033, maka  ditolak hal ini berarti ada hubungan.
Dari penelitian tersebut  ada hubungan kemungkinan karena faktor usia, paritas, pengalaman, dan pekerjaan, maka diharapkan tenaga kesehatan mengadakan penyuluhan tentang pemeriksaan kehamilan, melakukan kunjungan rumah, memberikan motivasi kepada ibu, suami, dan keluarga untuk memeriksakan kehamilannya serta meningkatkan pengetahuan ibu tentang ANC dengan mencari informasi dari tenaga kesehatan ataupun media massa sehingga ibu dapat mengetahui pentingnya memeriksakan kehamilannya selama masa hamilnya
Kata kunci: Pengetahuan, ANC, Keteraturan
Penulis: Riska Aprilia Wardani
Kode Jurnal: jpkeperawatandd140570

Artikel Terkait :