HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUNJUNGAN LANSIA KE POSYANDU LANSIA


Abstract: Lansia merupakan sumber daya yang bernilai sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman kehidupan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat keseluruhan. Posyandu lansia diadakan dengan harapan dapat meningkatkan derajat kesehatan secara maksimal pada lansia yang berusia > 60 tahun.Namun masih banyak lansia yang kurang aktif dalam melakukan kunjungan karena kurangnya dukungan keluarga. Hal ini terjadi juga pada lansia di Dusun Sengon, Desa Kebon Tunggul. Kab. Mojokerto , dimana terdapat beberapa dari lansia yang kurang memperoleh dukungan dari keluarga dalam mengikuti kegiatan posyandu lansia.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kunjungan lansia ke Posyandu lansia di Dusun Dusun Sengon, Desa Kebon Tunggul. Kab. Mojokerto .
Desain penelitian ini adalah analitik cross sectional. Variabel penelitian ada dua dukungan keluarga sebagai variabel independen dan kunjungan lansia sebagai variabel dependen. Populasi penelitian yaitu seluruh lansia di Dusun Dusun Sengon, Desa Kebon Tunggul. Kab. Mojokerto  sebanyak 80 lansia. Sampelpada penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling sebanyak 44 lansia. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner dan dianalisa dengan uji spearman rho.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 24 responden yang tidak aktif dalam melakukan kunjungan ke posyandu lansia terdapat 9 responden yang memperoleh dukungan keluarga dan 15 responden tidak memperoleh dukungan keluarga.Hasil uji spearman rho di atas diperoleh data bahwa hasil ρ dukungan keluarga = 0.012 sedangkan α = 0,05 berarti H1 diterima.Responden pada penelitian ini menunjukkan bahwa responden yang memperoleh dukungan keluarga akan lebih aktif dalam melakukan kunjungan ke posyandu demikian pula sebaliknya.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan data bahwa terdapat hubungan antar dukungan keluarga dengan kunjungan lansia ke posyandu lansia. Diharapkan bagi lansia untuk lebih aktif dalam mengikuti kegiatan posyandu lansia sehingga dapat lebih mengerti dan memahami tentang apa yang dapat dilakukan dalam memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan sehari – hari
Kata Kunci: Dukungan keluarga, Lansia, Posyandu Lansia
Penulis: Bd Herlina
Kode Jurnal: jpkeperawatandd140574

Artikel Terkait :