HUBUNGAN PENGETAHUAN PASIEN TUBERCULOSIS PARU DENGAN KEPATUHAN PASIEN DALAM KONSUMSI OBAT


Abstract: Tubercolusis (TBC) merupakan penyakit infeksi kronik yang dapat disembuhkan bila mengkonsumsi obat secara teratur. Penyakit tubercolusis adalah penyakit yang dapat menyebabkan kematian bila tidak mengkonsumsi obat secara teratur dan teratur sampai 6 bulan. Terbukti dengan peningkatan jumlah kematian di dunia maupun indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut perlu pengatuhan dan kepatuhan pasien tubercolusis untuk minum obat secara teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan pasien Tubercolosis  Paru tentang kepatuhan makan obat OATdi  Puskesmas Kedundung Kota Mojokerto.
Desain penelitian ini menggunakan analitik korelasi dengan pendekan cross sectional. Metode sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling yang diambil sebanyak 40 responden yaitu pasien  tubercolusis yang masuk pengobatan di Pukesmas Kedundung Mojokerto tahun 2010. Data penelitian diambil dengan menggunkan lembar  kuesioner dan lembar observasi. Setelah ditabulasi data yang ada dianalisis dengan menggunakan uji statistic pearson korelasi dengan (= 0,05).
Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan pasien tubercolusis sebagai besar yaitu 4 orang  (10%) berpengetahuan kurang, dan sebagian besar yaitu 23 orang (57.5%)  berpengetahuan baik. Dan  pada kepatuhan pasien tubercolusis hampir setengahnya  yaitu 15 orang (37.5%) mempunyai kepatuhan lemah, dan sebagian besar 25 (62.5%) mempunyai kepatuhan kuat. Sedangkan dari hasil uji statistik diperoleh hasil ada hubungan pengetahuan pasien tubercolusis dengan kepatuhan pasien dalam mengkonsumsi obat di Puskesmas Kedundung Mojokerto. (  = 0,002 0,05 ).
Melihat hasil penelitian ini dapat di adakan penyuluhan tentang penyakit dan pengobatan tubercolusis, agar pasien tubercolusis lebih mengetahui penyakit tubercolosis dan dampak bila tidak mengkonsumsi obat secara teratur sesuai dengan pentunjuk
Kata Kunci: Pengetahuan, Kepatuhan, Tubercolusis
Penulis: Nasrul Hadi Purwanto
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150629

Artikel Terkait :