AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN SITOTOKSIK SERTA PENETAPAN KADAR SENYAWA FENOL TOTAL EKSTRAK DAUN, BUNGA DAN RIMPANG KECOMBRANG (ETLINGERA ELATIOR)


Abstract: Kecombrang (Etlingera elatior) adalah salah satu jenis tumbuhan rempah yang termasuk suku zingiberaceae. Kecombrang mengandung minyak atsiri, saponin, flavonoid, dan polifenol. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa senyawa fenol berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan. Kecombrang merupakan tanaman suku zingiberaceae yang memiliki potensi sebagai antioksidan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan dan sitoltoksik terhadap larva udang dari ekstrak daun, bunga dan rimpang kecombrang serta  menetapkan   kadar senyawa fenol totalnya. Sampel daun, bunga dan rimpang kecombrang dimaserasi dengan pelarut etanol 70% selama 3x24 jam dalam suhu ruangan. Ekstrak yang didapat selanjutnya dievaporasi pada suhu 500C sehingga menghasilkan ekstrak kental. Terhadap ekstrak selanjutnya dilakukan uji aktivitas antioksidan dilakukan menggunakan metode peredaman radikal bebas 1,1 Difenil-1-Pikrihidrazil (DPPH), dan uji sitotoksik menggunakan metode BSLT (Brine Scrimp Lethality Test). Penetapan kadar fenol total dengan standar asam galat dianalisis menggunakan reagen Folin Ciocalteu yang diukur dengan spektrofotometri pada panjang gelombang 765 nm. Aktivitas antioksidan dari ekstrak daun, bunga dan rimpang menunjukkan  nilai IC50 beturut-turut 52,05; 457,54 dan 310,69 ppm, sedangkan aktivitas sitotosik yang dinyatakan dalam nilai LC50   berturut-turut adalah 859,039, 418,022, dan 1261,202 ppm. Kadar senyawa fenol total ekstrak daun, bunga dan rimpang kecombrang yang dihitung sebagai galat ekuivalen berturut-turut adalah 0,339% ± 0,006, 0,144% ± 0,024, dan 0,074% ± 0,018. Ekstrak daun kecombrang menunjukkan aktivitas antioksidan yang paling baik dan kadar fenol total paling tinggi dibandingkan ekstrak bunga dan rimpang kecombrang. Sedangkan aktivitas sitotoksik ekstrak daun dan bunga menunjukkan potensi sebagai agen anti kanker karena menunjukkan nilai LC50 £ 1000 ppm.
Keywords: Kecombrang (Etlingera elatior); kadar senyawa fenol; aktivitas antioksidan; sitotoksik
Penulis: Herni Kusriani, Anas Subarnas, Ajeng Diantini, Yoppi Iskandar, Shinta Marpaung, Mega Juliana, Fransiska Silalahi
Kode Jurnal: jpfarmasidd170469

Artikel Terkait :