HUBUNGAN BIAYA OBAT TERHADAP BIAYA RIIL PADA PASIEN RAWAT INAP JAMKESMAS DI RSUD ULIN BANJARMASIN


Abstrak: Masalah yang sering ditemukan dalam penyelenggaraan Jamkesmas adalah adanya perbedaan antara biaya riil dengan tarif paket INA-CBG’s pada pasien Jamkesmas pada instalasi rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh biaya obat terhadap biaya riil pada pasien rawat inap diabetes mellitus Jamkesmas di RSUD Ulin Banjarmasin.
Jenis penelitian adalah observasi analitik. Data diambil secara retrospektif dari berkas klaim Jamkesmas dan catatan medik pasien dengan kode INA-CBG’s E-4-10-I. Subjek penelitian adalah pasien Jamkesmas rawat inap diabetes mellitus tipe 2, sedangkan objek penelitian meliputi berkas klaim dan catatan medic pasien Jamkesmas diabetes mellitus di RSUD Ulin Banjarmasin dengan kode diagnose INA-CBG’s E-4-10-I periode Januari-Desember 2013. Analisis data dilakukan dengan one sample test untuk rata-rata biaya obat dengan biaya riil, uji korelasi untuk mengetahui hubungan yang mempengaruhi biaya riil. Penelitian yang dilakukan di RSUD Ulin Banjarmasin diperoleh data pasien sebanyak 27 pasien yang masuk data inklusi pada periode januari-desember 2013.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara biaya obat terhadap biaya riil pada pasien Jamkesmas rawat inap diabetes mellitus pada kode INA-CBG’s E-4-10-I diabetes mellitus tipe 2 dengan tingkat keparahan 1. Uji korelasi Spearman dilakukan untuk mengetahui hubungan biaya obat terhadap biaya riil sebesar 0,940. Persentase pengaruh biaya obat terhadap biaya riil sebesar 29,29%. Kesimpulannya semakin besar biaya obat pasien, maka semakin besar biaya riil yang harus dibayarkan oleh pasien.
Kata Kunci: INA-CBG’s, Jamkesmas, diabetes mellitus
Penulis: Marliza Noor Hayatie
Kode Jurnal: jpfarmasidd170264

Artikel Terkait :