Pendekatan Struktur Aktivitas dan Penambatan Molekul Senyawa 2-iminoethyl 2-(2-(1-hydroxypentan-2-yl) phenyl)acetate Hasil Isolasi Fungi Endofit Genus Fusarium sp pada Enzim β-ketoasil-ACP KasA Sintase dan Enzim Asam Mikolat Siklopropana Sintase


Abstrak: Fungi endofit dapat memproduksi senyawa yang memiliki aktivitas biologi, diantaranya senyawa flavonoid, alkaloid, fenolik, dan terpenoid. Fungi endofit genus Fusarium sp yang diisolasi dari daun tanaman meniran menghasilkan senyawa 2-iminoethyl 2-(2-(1-hydroxypentan-2-yl) phenyl)acetate yang mempunyai aktivitas dapat menghambat pertumbuhan bakteri Mycobacterium tuberculosis dengan nilai EC50 sebesar 18,98 µM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme aksi senyawa 2-iminoethyl2-(2-(1-hydroxypentan-2-yl) phenyl)acetate pada enzim asam mikolat siklopropana sintase dan β-ketoasilACP KasA sintase. Enzim asam mikolat siklopropana sintase dan enzim β-ketoasil-ACP KasA sintasememiliki andil yang besar dalam pembentukan asam mikolat yang bila terhambat dapat menyebabkankematian pada bakteri Mycobacterium tuberculosis. Pendekatan dilakukan dengan metode penambatanmolekul (ArgusLab 4.0.1) dengan didahului optimasi dan validasi metode. Reseptor yang digunakanadalah 2WGE dan 3HEM yang didapat dari Protein Data Bank. Hasil analisis menunjukan senyawa 2- iminoethyl 2-(2-(1-hydroxypentan-2-yl) phenyl)acetate mampu berikatan dengan lebih baik terhadap enzim asam mikolat siklopropana sintase dan enzim β-ketoasil-ACP KasA sintase dibandingkan dengan ligan positif dan ligan asli. Dari analisis tersebut disimpulkan bahwa senyawa 2-iminoethyl 2-(2-(1- hydroxypentan-2-yl) phenyl)acetate mampu bertindak sebagai inhibitor enzim asam mikolat siklopropana sintase dan enzim β-ketoasil-ACP KasA sintase pada bakteri Mycobacterium tuberculosis secara in-silico.
Penulis: Rollando
Kata kunci: Asam mikolat siklopropana sintase, β-ketoasil-ACP KasA sintase, 2-iminoethyl 2-(2-(1-hydroxypentan-2-yl) phenyl)acetate.
Kode Jurnal: jpfarmasidd180059

Artikel Terkait :