PENGARUH PROMOSI KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN TOGA UNTUK HIPERTENSI DI SUMBERAGUNG JETIS BANTUL


ABSTRAK: Salah satu penyakit degeneratif adalah hipertensi yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah. Pemanfaatan TOGA perlu digalakkan guna meningkatkan kemandirian masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan. Keberhasilan pemanfaatan TOGA sangat dipengaruhi oleh pengetahuan masyarakat mengenai manfaat jenis tanaman yang berkhasiat sebagai obat yang yang telah diteliti secara empiris. Metode yang digunakan pada promosi kesehatan ini yaitu dengan pemberian edukasi dengan menggunakan leaflet secara door to door kepada masyarakat. Analisis data dengan melakukan pengukuran skor pengetahuan sebelum dan sesudah promosi kesehatan.
 Pengetahuan umum masyarakat mengenai tanaman obat keluarga (TOGA) pada kategori baik dimana  31 responden yang diberikan pertanyaan terdapat 93,31%  orang mengetahui tentang TOGA. Mayoritas masyarakat sebanyak 83,8% lebih memilih berobat ke puskesmas ; 9,67% orang mengonsumsi obat jamu dan 6,45%  memilih istirahat dirumah ketika sakit. Sebanyak 61,29% orang pernah mengonsumsi obat tradisional dan 38,71% yang belum pernah mengonsumsi obat tradisional untuk pengobatan. Disamping itu, terdapat 38,709% orang yang mendapatkan informasi terkait pengobatan tradisional secara turun-temurun dari keluarga atau pengalaman orang sekitar (empiris),  6,45% orang yang mendapatkan dari sumber informasi dari media elektronik seperti TV, radio, koran, dan  sisanya 16,13% yang  mendapatkan informasi terkait pengobatan tradisional pada sumber informasi lainnya.
Hasil penilaian skor pengetahuan sebelum dan sesudah promosi kesehatan diperoleh nilai rata-rata skor pengetahuan sebelum promosi kesehatan yaitu  40,97 ± 19,210 dan sesudah promosi kesehatan yaitu 90,65 ± 13,647 dengan nilai p= 0,000 taraf kepercayaan 95%. Kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan promosi kesehatan terhadap pengetahuan masyarakat tentang Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Desa Sumberagung  Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul.
Keywords: Hypertension; Knowledge; Health Promotion; TOGA
Penulis: Lolita, Aulea Rahmawati, Aulia Rahmah, Eka Angriani Hasan, Fairuz Yaumil Afra, Ikrimah
Kode Jurnal: jpfarmasidd170474

Artikel Terkait :