Uji Daya Hambat Ekstrak Kayu Manis (Cinnamomum Burmannii) Terhadap Pertumbuhan Candida Albicans Pada Gigi Tiruan Akrilik


Abstrak: Denture stomatitis adalah salah satu manifestasi dari kandidosis oral yang disebabkan oleh pemakaian gigi tiruan di malam hari, gigi tiruan yang rusak, ataupun gigi tiruan yang tidak terjaga kebersihannya. Apabila jumlah Candida albicans meningkat melebihi ambang batas normal, maka dalam kurun waktu tertentu Candida albicans tersebut akan menempel pada basis gigi tiruan dan akan menyebabkan infeksi pada pemakai gigi tiruan berupa denture stomatitis yang dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatan pemakai gigi tiruan. Kayu manis sebagai bahan alami memiliki efek sebagai anti jamur, anti viral, anti bakteri, dan larvasidal. Tujuan: Untuk mengetahui daya hambat ekstrak kayu manis (Cinnamomum burmanii)  terhadap pertumbuhan Candida albicans yang terdapat pada gigi tiruan akrilik sebagai salah satu alternatif bahan pembersih gigi tiruan.
Bahan dan Metode Penelitian: Dilakukan dengan metode eksperimental laboratoris menggunakan desain Post test only control group design. Sampel penelitian adalah apusan jamur Candida albicans yang diambil dari pengguna gigi tiruan akrilik, kemudian dilakukan uji daya hambat  di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Farmasi UMI. Hasil: Berdasarkan uji statistik menunjukan bahwa adanya zona daya hambat ekstrak kayu manis pada semua konsentrasi yang berbeda serta memiliki perbedaan yang tidak signifikan pada masing-masing setiap konsentrasi. Kesimpulan: Daya hambat rata-rata ekstrak kayu manis pada berbagai konsentrasi (20%, 30%, 40%, dan 50%) mempunyai perbedaan diameter rata-rata yang tidak signifikan terhadap pertumbuhan jamur Candida albicans pada gigi tiruan akrilik tetapi memiliki efektifitas yang sama terhadap daya hambat jamur Candida albicans. Ekstrak kayu manis (Cinnamomum burmannii)  pada konsentrasi 20%, 30%, 40%, dan 50% menunjukan adanya perbedaan daya hambat yang lebih efektif dibandingkan dengan obat standar yang biasa digunakan yaitu (Chlorhexidine 0,2%). Daya hambat pada jamur Candida albicans akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan kadar konsentrasi dari ekstrak kayu manis (Cinnamomum burmannii).
Kata Kunci: Cinnamomum burmanii, Candida albicans, Acrylic Denture, Denture stomatitis
Penulis: Rezky Khusnul Khatima, Chusnul Chotimah, Andy Fairuz Z. Eva
Kode Jurnal: jpfarmasidd170399

Artikel Terkait :