PAFI Kapuas Hulu, Berasaskan Pancasila dan UUD 1945

 

Proses pembangunan bangsa melibatkan banyak sektor, tak terkecuali bidang kefarmasian. Hal ini karena sektor tersebut menunjang kesehatan masyarakat sehingga turut andil dalam mendukung pembangunan negara. Mengetahui hal itu, penting untuk mengenal PAFI Kapuas Hulu secara lebih mendalam.

Organisasi tersebut merupakan pengurus cabang PAFI yang ada di Kapuas Hulu. PAFI sendiri ialah singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Organisasi ini memang memiliki banyak pengurus cabang yang tersebar di berbagai wilayah nusantara, termasuk Kapuas Hulu.

Mengenal PAFI Kapuas Hulu

Pengurus organisasi PAFI cabang Kapuas Hulu ini memiliki situs resmi https://pafikapuashulu.org/. Situs tersebut bisa diakses oleh siapa saja yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap seputar organisasi PAFI.

Hal ini karena situs tersebut berisikan struktur organisasi, profil, tujuan, maupun informasi tak kalah menarik lainnya. Bukan hanya itu, lewat situs tersebut setiap anggota juga bisa mendaftar maupun masuk ke akun masing-masing.

Pada dasarnya, keberadaan situs ini sangatlah bermanfaat bagi masyarakat luas. Hal ini karena masyarakat bisa mengetahui informasi lebih lengkap seputar dunia kefarmasian, khususnya organisasi PAFI.

Manfaat juga dirasakan oleh setiap anggota atau tenaga kerja di bidang kefarmasian. Hal ini karena tenaga ahli farmasi bisa menjalankan tugasnya secara optimal untuk mendukung kesehatan masyarakat.

Melalui situs tersebut, tenaga ahli farmasi yang ada di Kapuas Hulu bisa saling bahu-membahu untuk bekerja sama. Alhasil, kesehatan masyarakat dapat terjaga dengan baik.

Sejarah Terbentuknya PAFI

Berbicara mengenai organisasi PAFI cabang Kapuas Hulu, tak kalah menarik untuk memahami sebenarnya bagaimana sejarah terbentuknya. Pada dasarnya, tenaga ahli kefarmasian sudah ada di Indonesia sejak proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Oleh karena itu, organisasi di bidang kefarmasian tersebut turut menjaga dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Lalu pada tahun 1946 atau 1 tahun setelahnya, organisasi PAFI resmi dibentuk. Tepatnya pada tanggal 13 Februari.

Pembentukan organisasi PAFI ini berlangsung di Daerah Istimewa Yogyakarta. Bukan tanpa alasan kenapa organisasi ini dibentuk.

Alasan utamanya yaitu organisasi ini jadi wadah untuk menghimpun tenaga kerja di bidang kefarmasian. Dengan demikian, organisasi tersebut bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan obat maupun peralatan medis lainnya dalam menjaga kesehatannya.

Dengan mengemban tugas mulia tersebut, PAFI hadir dalam asas Pancasila. Dalam hal ini, organisasi tersebut sifatnya pengabdian dan kekaryaan.

Tujuan Pembentukan PAFI

Organisasi PAFI Kapuas Hulu yang bergerak di bidang kefarmasian ini memiliki tujuan tertentu sejak awal pembentukannya. Adapun salah satu tujuannya yaitu untuk mewujudkan derajat kesehatan bagi masyarakat Indonesia secara optimal.

Tak berhenti di situ saja, organisasi ini juga memiliki tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Tujuan ini didasarkan pada UUD 1945 dan Pancasila.

Masih membahas mengenai tujuan organisasi PAFI, rupanya juga ingin mengembangkan pembangunan farmasi di Indonesia. Bukan hanya mengembangkannya saja, melainkan juga berupaya untuk meningkatkan pembangunannya.

Dengan tujuan tersebut, maka farmasi di Indonesia bisa semakin berkembang jadi lebih baik kedepannya. Seiring berjalannya waktu, farmasi bukannya ketinggalan atau tenggelam oleh zaman, melainkan semakin kokoh.

Selain memperhatikan kesehatan masyarakat luas, keberadaan organisasi ini juga berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Dengan begitu, tujuan keberadaan organisasi ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi semua pihak.

Tak bisa kita pungkiri bahwa adanya organisasi PAFI sangatlah penting. Hal inilah yang jadi salah satu alasan kenapa perlu mengenal lebih dekat cabang PAFI di berbagai wilayah, termasuk PAFI Kapuas Hulu.

Artikel Terkait :