Organisasi PAFI Papua Barat Daya, Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

 

PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia menjadi organisasi profesi untuk para apoteker dan ahli farmasi. PAFI Papua Barat Daya memiliki peran strategis dalam upaya peningkatan kesehatan di Indonesia. Organisasi dengan web pafipapuabaratdaya.org ini memiliki berbagai kegiatan dan program terstruktur.

Sekilas Tentang PAFI, pafipapuabaratdaya.org

Ahli Farmasi Indonesia sudah ada sejak kemerdekaan NKRI tanggal 17 Agustus 1945. Para ahli farmasi ikut berjuang dengan semua golongan masyarakat untuk mengusir penjajahan dari Indonesia. Selain itu, PAFI turut aktif dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan ikut serta dalam pembangunan masyarakat dan negara.

Maka dari itu, Ahli Farmasi Indonesia ini menjadi salah satu potensi pembangunan sesuai dengan fungsinya. Karena turut serta mempertinggi taraf kesejahteraan umum, terutama di bidang farmasi dan kesehatan masyarakat.

PAFI terbentuk di Yogyakarta pada tanggal 13 Februari 1946. Organisasi ini menjadi wadah untuk menghimpun seluruh tenaga yang bakti karyanya di bidang  farmasi. Untuk pengurus pusat PAFI berkedudukan di wilayah NKRI dan berasaskan UUD 1945 dan Pancasila.

Tujuan PAFI

Pada masa pendudukan Jepang, pendidikan tinggi farmasi di Indonesia mulai berdiri. Kemudian, Jepang memberikan pendidikan kepada lulusan SMP untuk menjadi asisten apoteker. Sejak saat itu, ilmu farmasi mulai berkembang dan lahirlah profesi asisten apoteker, yakni PAFI.

PAFI memiliki beberapa tujuan diantaranya sebagai berikut.

  • Mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berasaskan Pancasila dan UUD 1945
  • Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi di Indonesia
  • Mewujudkan derajat kesehatan bagi masyarakat Indonesia yang optimal
  • Meningkatkan kesejahteraan para anggota.

Peran PAFI

PAFI Papua Barat Daya dengan web pafipapuabaratdaya.org berperan aktif dalam berbagai upaya peningkatan kesehatan di tanah air, khususnya Papua Barat Daya melalui beberapa langkah strategis berikut ini.

Pelayanan Kesehatan

PAFI Papua Barat Daya terus mendorong anggota untuk berpartisipasi dalam program pelayanan kesehatan masyarakat. Misalnya saja berpartisipasi dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, edukasi penggunaan obat yang tepat, dan berbagai kampanye kesehatan lainnya.

Pendidikan dan Pelatihan

Untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para anggota, PAFI mengadakan pelatihan, seminar, dan workshop. Program pendidikan berkelanjutan ini diharapkan dapat  membuat anggota update pengetahuan dan teknologi bidang farmasi. Sehingga memungkinkan PAFI untuk memberikan pelayanan terbaik.

Regulasi dan Advokasi

Organisasi ini juga aktif dalam pembentukan regulasi dan advokasi yang berhubungan dengan bidang farmasi. Langkah kerja sama dengan pemerintah dan berbagai lembaga terkait dapat memastikan kebijakan yang dibuat sesuai dengan perkembangan profesi farmasi serta memberikan perlindungan dan hak yang layak untuk para apoteker.

Selain itu, PAFI juga memastikan jika masyarakat dapat mengakses obat-obatan dengan aman, berkualitas dan lebih efektif.

Penelitian dan Pengembangan

Organisasi ahli farmasi ini juga mendorong penelitian dan pengembangan. Adanya program penelitian ini menjadi solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah kesehatan. Hasil penelitian dapat diaplikasikan dalam praktik sehari-hari. Sehingga akan memberikan manfaat bagi kesehatan masyarakat secara nyata.

Adanya kolaborasi dengan berbagai pihak dan akses sumber daya serta teknologi yang mudah, harapannya PAFI dapat mendukung upaya dalam peningkatan kesehatan masyarakat di Indonesia, khususnya Papua Barat Daya.

Keberadaan PAFI tidak bisa dipandang sebelah mata, karena organisasi ini penting untuk mereka yang berkarya di bidang farmasi. Hingga saat ini anggota PAFI sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia. Jika ingin bergabung menjadi anggota PAFI, silahkan kunjungi web resmi  pafipapuabaratdaya.org untuk info lebih detail. 

Artikel Terkait :